Pages

Kamis, 03 September 2009

Benarkah bisnis internet itu mudah dan cepat kaya?

"Mesin uang otomatis", "cara cepat kaya", "isi ATM anda 2 juta perhari", "rahasia uang milyaran rupiah dari bisnis online". Itulah contoh beberapa kalimat yang bertebaran di internet, lihat saja di atas artikel ini. Saya maklum, bahasa iklan memang seperti itu. Namun dibalik kalimat yang menggiurkan itu, terdapat beberapa pertanyaan yang harus kita jawab....
apa betul bisnis online semudah yang mereka katakan?
apa betul bisnis internet bisa membuat orang cepat kaya tanpa bekerja keras?
apa betul bisa mendapatkan uang di internet dalam waktu yang singkat?

saya bukan bermaksud meremehkan atau tidak percaya dengan iklan-iklan seperti itu. hanya saja berdasarkan pengalaman saya bisnis internet seperti bisnis offline biasa, butuh kerja keras, kerja cerdas, pantang menyerah dan terus berusaha dan berdoa untuk mencapai kesuksesan. dalam konsep agama saya, rezeki setiap manusia besarnya sudah "dianggarkan" oleh Tuhan. cara untuk medapatkannya juga sudah ditentukan olehNya. adakalanya orang tanpa bekerja keras bisa mendapatkan uang dengan mudah. juga sebaliknya ada yang sudah berusaha sampai berdarah-darah tapi yang ia dapatkan masih jauh dari harapan. namun kita harus tahu bahwa ada hukum alam yang berlaku untuk kebanyakan manusia, yaitu siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkannya, istilah timur tengahnya "man jadda wajada" orang bule mengenal ungkapan "no sweet without sweat".

Jadi kalau pun ada orang yang sukses bisnis online tanpa bekerja keras dan cerdas, itu hanya segelintir manusia pilihan. saya akan berguru kepadanya kalau ketemu. dan kalau toh ada bisnis online yang cepat menghasilkan uang tanpa kerja keras dan cerdas itu hanya bersifat sementara, percayalah tidak akan bertahan lama, dan anda pun akan cepat rapuh ditempa badai persaingan, karna yang anda dapatkan hanya uang, bukan ilmu, pengalaman dan kegagalan.

sedikit bercerita pengalaman, dulu ketika saya membeli produk bisnis online, hal pertama yang saya pikirkan adalah satu atau beberapa hari lagi saya akan mendapat uang banyak, saya akan memperoleh apa yang disebut dengan "kebebasan finansial", saking senangnya sampai saya tidak bisa tidur. namun apa lacur, alih-alih mendapat uang dan mencapai kebebasan, malah saya harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya iklan, (iklanya seperti diatas, aneh kan belum apa-apa udah nggombal, misalnya seperti ni: "rahasia menghasilkan 200-500 rb perhari, terbukti!!!", padahal saya belum membuktikannya, he..he..he..) bahkah uang sepeserpun belum saya dapatkan sampai berbulan-bulan.

Ahirnya kusadari bahwa tidak semua orang berhak mengatakan bahwa bisnis online itu gampang atau bisnis online itu sangat mudah, bagaimana mungkin mereka mengatakan bisnis online itu mudah padahal mereka masih sangat pemula, mereka baru membeli produk bisnis online. bagaimana bisa disebut mudah wong belum sepeserpun yang mereka dapatkan.

Ambil khikmahnya. kalau tidak berfikir positif pasti saya frustasi dan akhirnya menyerah, walau bagaimanapun saya harus berterima kasih sama penjual produk tersebut. Tadinya saya tidak tau apa-apa, buat website aja ngga bisa, karna dia saya jadi belajar banyak, merasakan kegagalan dan menemukan solusi. walaupun uang tidak saya dapatkan at least ilmu saya dapat. jika ilmu sudah kita dapat, uang akan mudah di dapat, baru kita boleh mengatakan bisnis online itu mudah.

Kesimpulan
Saya tidak percaya sama orang yang mengatakan bisnis online itu sangat mudah, tinggal duduk, diam, uang pun datang. tinggal klik sana klik sini uang mengalir ke rekening kita. yang benar adalah bisnis online itu susah bagi pemula, tapi mudah bahkan sangat mudah bagi yang sudah sukses. saya tidak mengatakan "bisnis online itu mudah kalau tahu caranya", kenapa? karena walaupun cara orang yang sukses itu ditiru dan dikerjakan oleh pemula belum tentu hasilnya sama. intinya sukses bisnis online membutuhkan kesabaran, kerja keras, kerja cerdas, dan proses. kita harus siap tidak mendapatkan uang dalam waktu yang tidak ditentukan, artinya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sukses itu relatif tergantung seberapa besar usaha kita dan seberapa keras dan cerdas kerja kita.

Ingin membuat berbagai jenis website dan jadi webmaster, kunjungi situs panduan website

0 komentar:

Posting Komentar