Pages

Rabu, 02 Desember 2009

100% GRATIS Tips Membackup Postingan Blogger – Blogspot

Anda pengen membackup artikel dan komentar blog anda di blogspot? Ada banyak jalan dan cara untuk membackup postingan kita di blogspot. Kali ini saya akan membahas beberapa cara untuk membuat backup postingan di account blogger versi new Blogger beta bukan versi classic kita.

Kegunaan dari backup ini sebenarnya bermula ketika saya pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan di salah satu blog yang baru saya buat. Entah karena sebab apa, tanpa kulonuwun dan permisi dulu, blog saya di blogger dihapus. Alasannya adalah karena blog saya terdeteksi sebagai spamblog oleh mesinnya blogger. Dan ujungnya.. saya tidak bisa lagi mengakses blog saya tersebut, walaupun blog yang lain dalam satu account tidak mengalami masalah seperti itu. Nah berikut keterangannya:

Your blog is disabled

Blogger’s spam-prevention robots have detected that your blog has characteristics of a spam blog. (What’s a spam blog?) Since you’re an actual person reading this, your blog is probably not a spam blog. Automated spam detection is inherently fuzzy, and we sincerely apologize for this false positive.

Kesalnya, karena saya sudah posting lebih dari 50 artikel. Bisa ngebayangin kan repotnya ngepost segitu? satu aja capek.. apalagi 50 lebih, walaupun cuma copy paste. Sebenarnya ada fasilitas request untuk unlock blog kita yang sudah dihapus, namun pengalaman saya, beberapa kali saya request selalu tidak ada tanggapan dari pihak blogger. Nah dari situlah akhirnya setelah googling sana kemari ternyata ada cara untuk membackup postingan kita apabila terjadi sesuatu dengan blog kita. Minimal kita mempunyai backup yang bisa kita restore kembali sewaktu-waktu.

Sayangnya, pihak blogger resmi tidak menyediakan fasilitas untuk backup dan restore postingan kita. Maklum karena ini juga gratisan, ya kita harus sadar, jangan ngelunjak. (walaupun sebenarnya berharap ada menu untuk itu juga hehe). Kalau pepatah bilang, “dike’i ati kok njaluk rempelo”.

Blogger does not have an export or download function. However, you can use the following instructions to create a single file with all your posts which you may publish and then copy to your own computer for use as desired. Note: If you intend to continue using your blog, please save a copy of your existing template in a file on your computer as you will need to have it at hand after this process is completed.

Karena tidak adanya fasilitas resmi dari pihak blogger tersebut, beberapa pihak ketiga membuat solusi supaya kita tetep bisa membackup blog kita. ini dia beberapa versinya:

1. Versi googlesystem.blogspot.com

Untuk versi yang satu ini anda bisa menggunakan web browser anda dan ketik alamat url seperti berikut:

http://blogname.blogspot.com/search?max-results=N

blogname = nama blog anda
N = total jumlah postingan anda, ketik aja 1000

Trus save/download hasilnya. Sayangnya untuk alamat diatas tidak akan membackup full postingan jika template yang anda pakai bukan template standart (full post), alias sudah dioprek misalnya dibikin model . Solusi, backup template modifikasi anda, dan ganti sementara dengan template beta yang standart atau bisa menggunakan XML feed anda. Kondisi ini bisa baik digunakan untuk keperluan import ke database, gunakan alamat seperti ini:

http://blogname.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=1000

Untuk membackup gambarnya.. bisa menggunakan addons extension firefox yaitu: DownThemAll. untuk alamat backup commentnya pakai alamat berikut:

http://blogname.blogspot.com/feeds/comments/default?max-results=1000

2. Versi www.codeplex.com

Nah kalau yang satu ini menggunakan tools gratis buatan codeplex, namanya Blogger backup utility, anda bisa mendownload softwarenya disini. Software ini akan menginstall juga .Net Framework jika komputer anda belum terinstall .Net. Untuk menjalankannya, dibutuhkan username dan password blogger anda. Saya sarankan untuk mengganti sementara password anda untuk keperluan ini, agar password anda tetap aman. Tentang langkah-langkah penggunaan tools ini anda bisa membacanya disini. Saya males menulis ulang hehe.

Selain cara backup, cara restore blog kita pun cukup gampang, tinggal klik tombol restore. Ingat maksimal restore selama 24 jam adalah 50 postingan sesuai ketentuan dari blogspot, apabila postingan anda lebih dari 50, sisakan untuk hari esoknya. Untuk fasilitas restore komentar, untuk versi ketika saya nulis ini belum tersedia pada tool ini.

Nah.. cukup itu saja pembicaraan kali ini. Bagi yang masih newbie seperti saya, lebih baik menggunakan versi kedua. Jangan lupa untuk membackup juga template anda, terutama apabila template anda adalah template yang sudah full modifikasi. Di Menu Layout -> Edit HTML -> Download Full Template. Selamat mencoba dan semoga ngga ada kejadian seperti yang saya alami. Jangan lupa pula untuk membaca artikel tentang mempercepat loading firefox.

0 komentar:

Posting Komentar